“ Tolong nyalakan kipas angin itu,” kata guru fisika. Seorang siswa berdiri dan memutar saklar kipas angin, kemudian kipas berputar.”mengapa kipas ini dapat berputar”? sang guru bertanya. “ Ya, karna sudah di nyalakan, pak,” jawab siswa. “ betul sekali” sahut guru , “apa artinya menyala?” seorang siswa menjawab dengan sekenanya, “ Menyalakan artinya memberikan aliran listrik, pak” dengan cepat guru menyahut, “ ya, anda benar.” Siswa itu terkejut tidak mengira jawabanya benar. Ia jadi tertarik ingin terlibat dalam perbincangan fisika kali ini. “mengapa dengan adanya aliran listrik kipas ini dapat berputar?” sang guru merumuskan pertanyaan yang lebih spesifik. Tampak para siswa belum menemukan jawaban-sekonyol apapun. Tapi seorang siswa membuka buku-buku fisikanya. Didapati materinya pertama cawu ini adalah induksi magnetic. Dengan santainya ia berucap,” dengan induksi magnetic””ya,benar, induksi magnetik adalah penyebabnya,” sang guru mempertegas. “ha…… induksi magnetic! Mengapa begitu pak?” Tanya para siswa. Inilah saat yang tepat untuk memulai pelajaran.
Beragam cara dan gaya dapat di terapkan oleh seorang guru, bagai mana dapat enyampaikan pelajaran dengan efektif, Menyenangkan dan antusias adalah cirri guru professional.
0 komentar:
Posting Komentar